MURABAHAH dan MUDHARABAH BENAR _ SALAH

BMT sering kali dihadapkan pada permintaan pembiayaan dengan pola mudharabah, padahal seperti yang berjalan saat ini sering ditemukanadanya ketidak-jelasan dalam dunia usaha. BMT melulu akan selalu manawarkan pola Murabahah, dengan kemudahan penagihannya. Namun sering lupa akan peruntukan dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Khusus Murabahah, diwajibkan adanya objek/barang yang diperjual belikan dan adanya tawar-menawar harga atas objek/barang tersebut, dengan kewajiban harga dasar pembelian yang jelas. Saat ini sering terjadiobjek/barang tersebut belum ada, dan pembelian seringkali diserahkan dalam bentuk tunai kepada debitur/penerima pembiayaan murabahah.Praktis? yaa. Sering disiasati dengan aspek lanjut dari transaksi ini,dengan bukti pembelian yang diwajibkan dipenuhi (dianggap merupakan bukti atas adanya objek jual beli). Syariah..??.. Murabahah menjadi pilihan primadona untuk para BMT/KOPSYAH, dengan alasan kemudahan dalam hal penagihan dan sebagainya.

Sering dilupakan, penetapan mark up / margin seharusnya di tetapkan ketika ada kepastian harga dan barang yang diperjual belikan, bukan diawal ketika barang masih dalam wacana perkiraan harga. dengan demikian berhati-hatilah.... apa yang membedakannya dengan bunga/margin di konvensional.??  sering dilupakan hal ini/kia pura-pura lupa/tidak tahu???.

Untuk pembiayaan yang jelas diperuntukan untuk usaha, ada baiknya penerapan atas Mudharabah diperkenalkan, hal ini diperuntukan untuk mengurangi tendensi para pemakai jasa BMT/KOPSYAH yang berasumsi : "BMT/KOPSYAH sama dengan Koperasi-koperasi lainnya yang Non Syariah, hanya beda nama dan sebagainya". Praktek pembiayaan dengan pola Mudharabah akan sangat bereksistensi pada kemandirian dan pengetahuan para pengusaha pemakai jasa ini, disamping keingintahuan akan hasil usahanya sendiri juga akan sangat mendidik dam memacu jiwa enterpreunership. Hal ini akan menimbulkan dampak yang sangat besar bagi dunia BMT / KOPSYAH pada umumnya, jangan lupa akan Misi dan Visi kita ber BMT /KOPSYAH dalam rangka mengangkat perekonomian umat (umat islam tentunya).Mohon tanggapan dan persepsi hal di atas....Selama ini sudah benarkah,apa yang berjalan dan berlaku di BMT? bagaimana seharusnya... ? bagaimana sebaiknya....? Apa Sulit...? mari kita belajar dan pelajari kembali....ayoo kita coba praktekan kembali yang benar...?                                          

(bam, Inkopsyah BMT email : bam@inkopsyahbmt.co.id)